Pemkot Dapat Kucuran 61,8 M

Pemkot Dapat Kucuran 61,8 M

\"RIO-MUSRENBAGRATU SAMBAN, BE -   Pemerintah Kota menyusun rencana prioritas pembangunan tahun 2014, dengan cara  menggelar musyawarah perencanaan pembangunan  (Musrenbang) tahun 2013.  Musrenbang ini melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di hotel Raffles City, Kota Bengkulu.

Acara  itu  dihadiri Sekprov Asnawi A. Lamat,  Kabid Sosial Budaya Bappeda provinsi, Hidayatullah, wakil walikota Ir Patriana Sosialinda  dan  seluruh SKPD, dan tamu undangan lainnya serta dibuka Walikota Bengkulu, Helmi Hasan SE.

Dalam pemaparannya Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi, Hidayatullah mengatakan, Pemerintah Kota Bengkulu mendapatkan kucuran anggaran  dari APBD provinsi mencapai Rp 21,8 miliar, dan 40 miliar dari APBN, sehingga totalnya mencapai Rp 61,8 miliar.  Anggaran itu diprioritaskan  untuk  program pendidikan, infrastruktur dan perekonomian.   Ditambahkan, kucuran anggaran itu  dalam pelaksanaanya harus didukung dengan  dana pendamping.

\"Kalau tidak ada dana pendampingan, tidak akan dikucurkan, namun harus dipilah-pilah apakah memerlukan pendampingan atau tidak \" katanya,  seraya menambah anggaran itu  disiapkan untuk APBD 2013 ini.

Sementara itu Kadis DPPKA, Syaferi Syarif menuturkan, anggaran itu  belum masuk dalam APBD, jikapun harus dimasukkan maka  baru bisa diusulkan dalam APBD perubahan mendatang. Namun pada umumnya, anggaran itu dikucurkan melalui rekening provinsi, dan kota Bengkulu sebagai lokasi pembangunan saja.

Di sisi lain, Kepala Bappeda Kota Bengkulu, Dr. Fitriani AP, MSi menuturkan, kucuran anggaran dari APBD provinsi yang hanya Rp 21,8 miliar dirasa terlalu kecil bila dibandingkan kabupaten Kaur,  dan Mukomuko di atas  tigapuluh miliar.  Padahal Kota Bengkulu merupakan etalase pemerintah provinsi.  Ia berharap pada tahun 2014 mendatang, Pemprov bisa mengucurkan anggaran APBD provinsi diatas Rp 50 miliar.

Sementara itu dilakukanya Musrenbang bertujuan untuk  meningkatkan arah dan kebijakan pembangunan daerah, serta menyusun rencana program kegiatan prioritas pembangunan daerah tahun anggaran 2014.  Dengan mengsinkronkan seluruh rancangan program dan kegiatan yang  telah disusun baik antar SKPD lingkup pemerintah kota, yang dipadukan dengan program kegiatan pemerintah provinsi  dan pemerintah pusat.   Sehingga dengan perpaduan  program  tersebut  kegiatan dapat tercapai serta  mewujudkan visi Kota Bengkulu  sehingga terwujudnya Bengkulu yang sejahtera dan bermartabat. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: